Jumat, 24 Juli 2009

Marak Pemalsuan, DKI Rancang KTP "Microchip"


JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah merancang sebuah bentuk kartu tanda penduduk (KTP) yang dilengkapi dengan microchip agar sukar dipalsukan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari ditemukannya lebih dari 80.000 KTP palsu di Jakarta, sepanjang tahun 2008 lalu.

"Jadi dengan microchip tersebut, data pemilik akan tersimpan dalam database sehingga sangat kecil kemungkinan bisa dipalsukan atau digandakan," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) DKI Jakarta Muhayat, kemarin.

Penerbitan KTP dengan microchip tersebut sepertinya tinggal menunggu waktu, sebab saat ini Pemprov DKI dan Departemen Dalam negeri (Depdagri) telah melakukan perundingan. “Rancangan ini tinggal menunggu persetujuan dari Depdagri. Mudah-mudahan bisa segera diterapkan di daerah-daerah," harapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, Pemprov DKI tidak hanya akan melakukan sweeping KTP, tetapi juga akan membuat desain KTP yang tidak dapat dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar