Jumat, 19 November 2010
مقدمة
معلومات أساسية
بيئة لديه علاقة مع البشر. البيئة يؤثر على سلوك الإنسان والموقف ، وحياة الإنسان بحيث تؤثر على البيئة التي حياتها. وقد اعترف العلاقة بين البيئة والحياة البشرية من قبل المفكرين وقادة العالم منذ الأول. وبالمثل مع الإسلام هو المدقق حول البيئة.
مشاكل لاهوتية
ما هو المعنى للموارد البيئية والطبيعية؟
كيفية تأثير البشر على الطبيعة والبيئة في اندونيسيا؟
وما هي المشكلات التي تنشأ؟
ما هو العيش المستدامة؟
كيف هو وجهة النظر الإسلامية من الحفاظ على البيئة؟
الغرض
معرفة معنى للموارد البيئية والطبيعية
معرفة تأثير البشر على الطبيعة والبيئة في اندونيسيا
معرفة المشاكل التي تنشأ
معرفة الحفاظ على الحياة
معرفة وجهة النظر الإسلامية في المحافظة على البيئة
الفصل الثاني
مناقشة
فهم البيئة والموارد الطبيعية
هي بيئة وسائل الاعلام حيث تعيش الكائنات الحية ، والعثور على ولها طابع مميز وظيفة والتي بدورها ذات الصلة إلى وجود الكائنات الحية التي تحتلها ، والناس لا سيما الذين لهم دور أكثر تعقيدا وحقيقية.
ووفقا لآخر بهذا المعنى ، فإن البيئة هي وحدة وطنية مع كل شيء الفضاء ، والطاقة ، وحالة والكائنات الحية ، بما في ذلك البشر وسلوكهم.
وفقا للمادة 1 القانون رقم 23 عام 1997 بشأن الإدارة البيئية ، وذكر أن البيئة هي وحدة وطنية مع كل شيء الفضاء ، والطاقة ، وحالة والكائنات الحية ، بما في ذلك البشر وسلوكهم ، مما يؤثر على استمرارية الحياة والرخاء للشعب الخيالية والكائنات الحية آخر.
لا يمكن أن البيئة لا يمكن فصله عن النظام الإيكولوجي أو النظم الايكولوجية. النظام الإيكولوجي هو وحدة الحياة التي تتألف من مجتمع من الكائنات الحية (أنواع مختلفة) مع جمادات المختلفة التي تشكل النظام. البيئة هي في الأساس نظام حيث لا يوجد في الحياة من التدخل البشري بناء على امر من النظام الإيكولوجي. الرجل هو جزء من النظام الإيكولوجي.
العنصر البيئي يتكون من العوامل غير الحيوية (التربة والماء والهواء والطقس ودرجة الحرارة) ، والعوامل الحيوية (النبات والحيوان والبشر). قد البيئة تتكون من البيئة الطبيعية والبيئة الاصطناعية. ويتم تشكيل البيئة الطبيعية بسبب الأحداث الطبيعية. نوع البيئة الطبيعية ، من بين أمور أخرى ، والمياه والتربة والاشجار والهواء وما إلى ذلك الأنهار. بيئة مصطنعة تم إنشاؤها من قبل البشر. مثلا الجسور والطرق والمنازل الخ الحدائق ، وبلدة. وهناك أيضا البيئة الطبيعية ، ولكنه هو نتيجة للحضارة الإنسانية. وهذا هو ، والبيئة الطبيعية التي حصلت على لمسة من يد الإنسان.
ويمكن أيضا أن تكون البيئة التي شكلتها البيئة المادية وغير المادية. البيئة الطبيعية والاصطناعية والبيئة المادية. في حين أن البيئة غير المادية هي البيئة الاجتماعية والثقافية التي توجد بين البشر. البيئة الاجتماعية هي مكان للأنشطة مختلفة مثل التفاعل الاجتماعي بين مختلف الفئات على طول pranatanya مع الرموز والقيم المرتبطة سيتا الأنظمة الإيكولوجية (بوصفه عنصرا من عناصر البيئة الطبيعية) والمكانية أو تخصيص مساحة (كجزء من البيئة العمرانية / الاصطناعي).
بيئة مهم جدا لحياة الإنسان. كل شيء موجود في البيئة البشرية يمكن استغلالها من قبل الإنسان كائن حي ، وذلك لأن البيئة لديها القدرة الاستيعابية ، أي قدرة البيئة على دعم الحياة البشرية جنية والكائنات الحية الأخرى. الأهمية البيئية للانسان هو كما يلي.
أ. البيئة هي مكان للحياة البشرية. حياة الإنسان ، ويجري ، وينمو ، وينمو على الأرض ، كما أن البيئة.
ب. بيئة يعطي مصادر كسب العيش للبشر.
ج. التأثيرات البيئية المواقف والشخصية ، والسلوك البشري التي تعيش فيه.
د. ويوفر بيئة التحديات للنهوض الحضارة الإنسانية.
(Herimanto ، 2009) .ه. الإنسان الإصلاح ، تغير ، وحتى خلق بيئة ملائمة لاحتياجات والسعادة في الحياة.
الموارد الطبيعية أمر يمكن استخدامها لمختلف المصالح والاحتياجات للحياة البشرية التي هي الحياة أكثر ازدهارا في البيئة الطبيعية من حولنا. ويمكن الاطلاع على هذه الموارد الطبيعية في كل مكان كما هو الحال في التربة والمياه وسطح الأرض ، والهواء ، وما إلى ذلك. أمثلة على الموارد الطبيعية الأساسية ، مثل المعادن وأشعة الشمس ، والنباتات والحيوانات وغيرها الكثير.
أ. الموارد الطبيعية حسب النوع
وتستمد الموارد البيولوجية أو الموارد الطبيعية الحيوية من الكائنات الحية. على سبيل المثال : النباتات والحيوانات والكائنات الحية الدقيقة ، الخ.
الموارد الطبيعية غير بيولوجية أو أحيائية الموارد الطبيعية المستمدة من جسم غير متحرك. على سبيل المثال : المعادن والماء والهواء والصخور ، الخ.
ب. الموارد الطبيعية على أساس طبيعة التجديد
الموارد الطبيعية والتي تم تجديدها أو تجديد الموارد ، أي الموارد الطبيعية التي يمكن استخدامها مرارا وتكرارا ، ويمكن الحفاظ عليه. الأمثلة على ذلك : المياه والنباتات والحيوانات ، ومنتجات الغابات ، وما إلى ذلك.
الموارد الطبيعية غير المتجددة أو غير المتجددة الموارد ، أي الموارد الطبيعية التي لا يمكن إعادة تدويرها أو تستخدم مرة واحدة فقط أو لا يمكن المحافظة عليها ويكون قد انقرضت. الأمثلة على ذلك : البترول والفحم والقصدير ، والغاز الطبيعي.
الموارد الطبيعية غير محدودة أو غير محدودة. على سبيل المثال : الشمس ، وتدفق مياه البحر والهواء ، وما إلى ذلك.
ج. على أساس استخدام الموارد الطبيعية أو استخدامها
الموارد الطبيعية والموارد الخام المنتجة للمواد الطبيعية التي يمكن استخدامها لإنتاج أشياء أو مواد أخرى بحيث قيمة النقطة ستكون أعلى. الأمثلة على ذلك : منتجات الغابات ، ومنتجات التعدين والمنتجات الزراعية ، وما إلى ذلك.
الموارد الطبيعية المنتجة للطاقة والموارد الطبيعية التي يمكن أن تولد أو تنتج الطاقة لصالح الجنس البشري على وجه الأرض. على سبيل المثال : الأمواج والطاقة الحرارية الأرضية ، وتيارات النهر ، وضوء الشمس والبترول والغاز الطبيعي ، وما إلى ذلك. (المتشعب : / / organisasi.org / _daya_alam_dan_pembagian_macam_jenisnya_biologi pengertian_sumber)
ب. تأثير الإنسان على الطبيعة والبيئة في اندونيسيا
السكان هم الناس الذين يعيشون في مكان والتي نظمت بالاشتراك الحياة. من حيث البيئة ، والمشكلة هي مشكلة إعادة توطين السكان. وعندما كان السكان في الحياة صغيرة ومتواضعة ، وطريقة الحياة والبقاء وئام مع البيئة. في ذلك الوقت ، ويبدو حتى الآن على القضايا البيئية. ومع ذلك ، نظرا لتزايد عدد السكان والتقدم السريع للحضارة شعب الطريق ، والعيش والبقاء لم يعد الانسجام مع البيئة. على العكس من ذلك ، والبيئة ، ويترافق ذلك مع تغيير طريقة حياة والمستوطنات البشرية.
البيئة الطبيعية مثل التربة ، وتجديد المرافق لاستيعاب مختلف الاحتياجات البشرية. على سبيل المثال ، والإسكان والمرافق الأخرى مثل الصحة والتعليم والترفيه ، والأسواق والطرق والصرف الصحي ، الخ. ليست المياه تستخدم فقط لتناول الطعام واحتياجات الشرب ، ولكن أيضا لمرافق ترفيهية مثل الحدائق والبرك والنوافير و. المياه هي أيضا لتوليد الكهرباء. في الآونة الأخيرة ، شهدت المدن الكبرى في اندونيسيا ، فضلا عن المدن الصغيرة التي هي مراكز النمو في تغيير سريع للغاية. النمو السكاني السريع ، ويرجع ذلك أساسا إلى تدفقات الهجرة وتوزيعها غير متساوية ، بالاضافة الى المشاكل الاجتماعية والثقافية ، كما تؤثر بصورة مباشرة على احتياجات السكن والسكن في المدن. (هاري بوروانتو ، 2006)
ليس من النادر ، أدت الإصلاحات البيئية في الضرر البيئي نفسه. فقدت البيئة والموارد الطبيعية نتيجة لعمل الإنسان المفرطة. على سبيل المثال : وقد أدى تطوير المساكن والفيلات على سفوح الجبال في فيضانات كبيرة في المنطقة تحت. لذلك أكبر عدد من الناس الذين تسبب المستوطنات تستمر في النمو وان يكون لها تأثير كبير على البيئة.
ودائما النمو السكاني تترافق مع المشاكل البيئية. وسكان مع جميع أنشطتها يكون لها تأثير على البيئة. وبالمثل ، فإن جهود التنمية يؤدي الى زيادة تأثير متزايد على البيئة. الأثر البيئي وتأثير التغيرات البيئية الناجمة عن الأعمال التجارية و / أو نشاط. ويمكن للبيئة أن تكون إيجابية وسلبية تؤثر في رفاهية السكان.
تغيير إيجابي الناجمة عن الأنشطة البشرية على البيئة ، على سبيل المثال من خلال بناء الطرق لربط المناطق التي كانت معزولة في السابق. جعل القنوات المائية والحدائق ، وإعادة التحريج ، وزرع دعامة الطريق ، مما يجعل من السدود ، وما هي أمثلة على الأنشطة التي تجعل من أثر إيجابي على البيئة من أجل البشر. التغيير الإيجابي في البيئة ، وبطبيعة الحال ، يمكن أن توفر منافع والموارد اللازمة لرفاهية السكان.
التغيرات البيئية نتيجة لعمل الإنسان ليس من غير المألوف بالنسبة للآثار السلبية ، والأضرار البيئية وهما. والضرر البيئي ليس فقط إلغاء قدرة البيئة نفسها ، ولكنه يعطي أيضا خطرا على الحياة البشرية. والتدهور البيئي هي مشكلة رئيسية تعاني منها البشرية اليوم. في واقع الأمر ، فإن المسألة حول البيئة هي واحدة من ثلاث قضايا العالمية اليوم ، وهي مسألة حقوق الإنسان والديمقراطية والبيئة
بعض من المشاكل البيئية اليوم ما يلي :
أ. التلوث (تلوث) البيئة ، بما في ذلك تلوث الهواء ، تلوث المياه ، تلوث التربة ، والتلوث سليمة.
ب. قضايا الغابات ، مثل إزالة الغابات وقطع الأشجار وحرائق الغابات.
ج. تآكل التربة والفيضانات.
د. انجراف التربة والجفاف وتآكل السواحل.
ه. استنفاد طبقة الأوزون وظاهرة الاحتباس الحراري.
ف. تسبب المرض من خلال بيئة سيئة ، مثل الحكة والسعال والاسهال والتهابات الجهاز التنفسي
ج. المشاكل التي تنشأ
ويخشى أن يكون الضرر الذي يلحق الموارد الطبيعية والبيئة أن يكون لها تأثير كبير على حياة المخلوقات على وجه الأرض ، والسكان ، وخاصة نما الإنسان ، وبعض هذه المشاكل تشمل ما يلي :
أ. واصلت اندونيسيا في الانخفاض في حالة الغابات. نتيجة واحدة ، وعدد من اندونيسيا والحياة البرية المعرضة للانقراض أعلى تصنيف بالمقارنة مع غيرها.
ب. الأضرار التي لحقت مستجمعات المياه (مساقط المياه). قطع الأشجار غير المشروع ومساحة الأرض أثر التحويل ، أي ضرر على النظام الإيكولوجي لمستجمعات المياه في النظام. ونتيجة لذلك ، ومستجمعات المياه الحرجة مشروطة.
ج. الموئل للنظم الإيكولوجية البحرية والساحلية المتضررة على نحو متزايد. الأضرار التي لحقت الموائل الساحلية والنظم الإيكولوجية البحرية في المنطقة آخذ في التزايد. وبخاصة منطقة كثيفة مثل الساحل الى الشمال من الجزر في الجزيرة الساحل الشرقي لجزيرة جاوة وسومطرة.
د. صورة التعدين المدمرة للبيئة. طبيعة عمليات التعدين ، ولا سيما فتح حفرة المنجم ، وتغيير المناظر الطبيعية دائما أن يؤثر على النظم الايكولوجية والموائل. وعلى نطاق واسع في تعطيل وظيفة توازن البيئة وسيئة للحياة البشرية. مع هذا النوع من الصور ، والمجتمعات التعدين تميل الى ان تكون رفضت. وقد تفاقمت هذه الصورة من قبل عدد من التعدين دون ترخيص ، والتي تضر بالبيئة.
ه. ارتفاع تهديدا للتنوع البيولوجي (التنوع البيولوجي). الضرر على النظم الإيكولوجية البرية والصيد على خلفية انخفاض الوعي العام ، وأصبحت تشكل التهديد الرئيسي للتنوع البيولوجي في اندونيسيا.
ف. تلوث المياه آخذ في الازدياد. وأظهرت جودة المياه السطحية من البحيرة ، وهناك ، والمياه العامة الأخرى ظروف مروعة. عموما ، لأنه نتيجة للنمو المفرط للالعوالق النباتية (بلوم) ، مما أدى التراكم المفرط للمركبات الفوسفات. ظروف المياه الجوفية ، ولا سيما في المناطق الحضرية ، هي أيضا قلقة بسبب تسرب مياه البحر وتوجد عادة البكتيريا القولونية البريد والمعادن الثقيلة التي تتجاوز عتبة.
(ز) انخفاض جودة الهواء. وخاصة في المدن الكبيرة في التمتع الهواء النظيف فقط عن 22-62 يوما في السنة.
(Herimanto ، 2009)
والضرر البيئي على آثار كبيرة لبقاء الجنس البشري نفسه ، ويرجع ذلك أساسا إلى ثقافة الاستهلاك المفرط في البلدان الصناعية من جهة والفقر الثقافي للبلدان النامية من ناحية أخرى (ر. أجوس سارجونو ، 1999). يرتبط ارتباطا وثيقا مع البيئات القضايا البقاء على قيد الحياة (البقاء على قيد الحياة) من الإنسان. جدا البقاء على قيد الحياة يعتمد على علاقة الدعم المتبادل للبيئة يتكون من مختلف النظم التي تدعم الحياة ، أو أن على منافسه بعضها البعض. بالنسبة للبشر ، والمشاكل البيئية في dasrnya تنشأ إذا كان الخلل يحدث بين أشخاص الذين يعانون من الموارد الموجودة في البيئة. ولذلك ، والإدارة البيئية تخلق أساسا على توازن بين علاقة الإنسان والبيئة نفسها.
د. الحفاظ على الحياة
ومع ذلك ، والمشاكل البيئية تتطلب حلولا استثنائية ومنع وإدارة على محمل الجد. الأضرار البيئية وتلوث حادة جدا ، وتستمر حتى تزداد سوءا. وكان السبب الأساس أشكال الضرر ومستوى التلوث عن طريق التنمية الصناعية والتقدم التكنولوجي لا يتناسب مع جهود الحفاظ على البيئة. دور الدول المتقدمة في المساهمة في التلوث والضرر البيئي ضخمة. معطوب البيئة في اندونيسيا ، إشارة مرجعية ، أن موقف وسلوك مواطنيها بعدم إشعار الحفاظ على الموارد البيئية. إنهم لا يدركون أن تأثير البيئة تغيير نمط الحياة
الصناعية والتنمية التكنولوجية يعمل بسرعة. ولكن مع حدوث تغيير بيئية كبيرة. لا تغيير في كثير من الأحيان على طول جلبت من الآثار السلبية التي ليست مواتية للحياة والاستدامة البيئية. المشاكل البيئية في اندونيسيا غادرت بالفعل من مفهوم الإنسان قضايا تغير العقلية التي أصبحت غير قصد المدمرة للبيئة الطبيعية نفسها. وينبغي أن يستند استخدام الموارد الطبيعية على حكمة الحفاظ على الانسجام والتناغم والتوازن والاستدامة البيئية. وإذا أمكن ، وتعزيز نوعية البيئة بحيث يمكن أن يتمتع بها شاغلي جيلا بعد جيل. وبعبارة أخرى ، يجب أن الحكمة للبيئة تنتمي إلى كل وكل الاندونيسية.
محاولة لتسريع هذه التغييرات هي من خلال التربية البيئية والمجتمع المحلي في أقرب وقت ممكن لتحقيق هذه البيئة من أهمية بالنسبة للمستقبل معا. التوازن الطبيعي يحتاج الى انشاء لضمان دورة حياة
أنواع المخلوقات على هذه الأرض ، سواء كان ذلك النباتات والحيوانات أو الحيوانات
بما في ذلك البشر. عندما البيئة الطبيعية من التوازن ،
وسوف توقف دورة التناوب وكرد فعل طبيعي سوف تظهر في شكل كارثة في كل مكان.
لأنه ، في البيئة هناك مجموعة متنوعة من دورات مترابطة مع مجموعة متنوعة من المخلوقات والكائنات الطبيعية.
استنادا إلى هذه المعلومات يجب أن تكون علنية والحكومة كما صاحب السلطة في مجال حماية البيئة ، من بين أمور أخرى ، تنفيذ وظائف الإدارة ، والتنمية ، والترخيص والمراقبة في مجال الإدارة البيئية تلعب مهمة جدا. وظائف على النحو المبين أعلاه
نظمت أساسا من قبل الجهاز ، بحيث أنه في أي وضع
السياسات والتخطيط وتنفيذ السياسات التي ينبغي دائما
النظر في تأثير القرارات على البيئة.
ه. في وجهة النظر الإسلامية من الحفاظ على البيئة
من خلال الكتاب المقدس والقرآن الكريم ، الله سبحانه وتعالى قد قدمت معلومات إلى الإنسان الروحي لتكون صديقة للبيئة. واشارت هذه المعلومات الى ان الرجل دائما يجب أن نحافظ على البيئة والحفاظ عليها حتى لا إعطابها ، وتصبح ملوثة حتى منقرضة ، لأن ما أعطى الله للإنسان هو مجرد ولاية. من خلال هذا الكتاب العظيم (القرآن) لإثبات أن الإسلام هو الدين الذي يعلم الناس أن تكون صديقة للبيئة. كلمة الله في القرآن بشكل واضح جدا الحديث عن هذا الامر. ويمكن تقسيم المواقف الصديقة للبيئة التي تدرس الدين الإسلامي للبشرية على النحو التالي :
من أجل البشر ليكونوا مشاركين فاعلين في عملية البيئة والحفاظ عليها. لاحظ حرف هارون Ruum الفقرة 9 أدناه :
ayate
نقل الرسائل في الرسالة هارون Ruum الفقرة 9 أعلاه يوضح أن البشر لا تستغل الموارد الطبيعية التي يخشى وقوع ضرر المفرط وانقراض للموارد الطبيعية ، لذلك لا يعطي راحة قليلا للأجيال المقبلة. لذلك يتطلب أن الإسلام الرجال يصبحوا مشاركين نشطين في عملية البيئة والحفاظ عليها. تجهيز والحفاظ على البيئة وينعكس ببساطة من مكان السكن (المنزل) مسلم.
وأكد Rasulullah رأى في حديث رواه أبو هريرة Thabrani :
تبقى نظيفة مع جميع الجهود التي هي قادرة على القيام به. والواقع أن الله الإسلام على مبدأ فرض النظافة. وهل لا يدخل الجنة ، ما عدا الأشخاص الذين نظيفة
من الحديث أعلاه يعطي الإحساس بأن البشر لا ينبغي أن يكون بخيلا لتمويل أنفسهم والبيئة في الصحة عادلة من أجل الحفاظ على نظافة أنفسهم والأسرة / المجتمع ونحن الحفاظ عليها. وبالمثل ، والعمل في حي تخضير مع الأشجار التي هي مفيدة لترسيخ المصالح الاقتصادية والصحة ، وكذلك للحفاظ على تداول الصوت أننا حتى تمتص دائما نظيفة وخالية من التلوث.
في الحديث المذكور :
ثلاثة أمور واضحة وجهة نظرها ، وهذا هو مشاهدة عرض مرة أخرى في خضراء جميلة ، والمياه التي تتدفق وكذلك على وجهه الجميل (رواه أحمد)
ب. حتى أن الناس لا تفعل الضرر الذي يلحق بالبيئة في الرسالة Ruum الآية 41 سورة الله سبحانه وتعالى يحذر من أن وقوع أضرار في البر والبحر الناجم عن الأنشطة البشرية.
Ayate
ورسالة توضح الفقرة آل قشاش 77 على النحو التالي :
ayate
كلمة الله في رسالة هارون Ruum الفقرة 41 والفقرة 77 من سورة آل قشاش وأكد أن فعالية الإنسان الصديقة للبيئة (صديق البيئة) ولا تفسدوا في الأرض. في الحديث الذي رواه أنس "، وأوضح أن رسول عند الوضوء مع (كميات من المياه) ، وحمام الطين (مع وجود نسبة من الماء) واحد شاء' إلى خمس الطين (رواه متفق عليه آلائه ')." واحد من الطين وهي تساوي 1 / 3 وفقا للتر ولتر الحجاز 2 وفقا للشعب العراقي. ورغم ان النتائج تثبت أن الشخص العادي بقدر 5 لترات من الاغتسال. وهذا يثبت أن الناس يميلون الآن إلى استغلال الموارد المائية لزيادة أو بعبارة أخرى ، كل النفايات البشرية والكثير من المياه إلى 3 to 3 / 2 3 ليتر للشخص الواحد في كل مرة وضوء. وفي حديث آخر رواه أبو هريرة عن النبي قال ذات مرة : "كن حذرا من نوعين من الشتائم ؛ صديق سمع نسأل : هل يا اثنين من الأشياء التي Rasulullah؟ أجاب النبي : أي الناس الذين التخلص من التبول أو في منتصف الطريق حيث كان الناس يحتمون ". على التبول الحديث الأخرى بالإضافة إلى رمي في مكان للموارد المائية. من الوصف أعلاه ، فمن الواضح لقواعد الإسلام التي تدعو للحفاظ على النظافة والبيئة. كان القصد من جميع القيود المفروضة على منع الأذى عن الآخرين ، حتى أن يدخر من المصائب التي حصل له.
الإسلام يعطي توجيهات واضحة تماما أن الموارد الطبيعية والطاقة الاستيعابية للحياة البشرية ، من أجل الحقائق الروحية تشير إلى أن وقوع الكوارث الطبيعية مثل الفيضانات والانهيارات الارضية وغيرها من الكوارث الطبيعية التي تهيمن عليها أكثر الأنشطة البشرية. وقدم الله سبحانه وتعالى المرافق والموارد الطبيعية للحياة البشرية. ولذلك ، أعلنت قانونا فرصة fiqiyah أنه في منظور الشريعة الإسلامية الحاكم على الوضع القانوني لحماية البيئة هي إلزامية.
ج. حتى أن الناس كانت على الدوام صديقة للبيئة.
في الرسالة Huud الآية 117 ، قال تعالى :
الحقائق الروحية التي وقعت خلال هذا يدل على أن رسالة من الفقرة 117 Huud ثبت حقا. الفيضانات في جاكرتا ، والانهيارات الأرضية في المناطق في جاوا الوسطى ، وتسرب مياه البحر ، وأكوام من القمامة في كل مكان ، أي السيطرة على تلوث الهواء ، والكوارث الطبيعية في المنطقة أو في بلدان أخرى تثبت أن الله سيدمر البلد في بلد مستبد ، ولكن السكان تتألف من الناس الذين يعملون الصالحات للبيئة. ويمكن ملاحظة ذلك في سورة البقرة الآية 30 سورة يلي :
الخلافة يتطلب البشر لرعاية وإرشاد وتوجيه كل شيء من أجل تحقيق الهدف والغرض من إنشائها. لذلك ، وقد نهى النبي اختيار الفاكهة قبل على استعداد للخدمة ، قطف الزهور تتفتح قبل ، أو ذبح الحيوانات التي هي صغيرة جدا. النبي محمد يدرس أيضا أن يكون دائما ودية مع كل شيء ، إن لم يكن ميتا. القرآن لا يعرف القهر مصطلح الطبيعة لأن القرآن ينص صراحة على أن الاستيلاء على الطبيعة للإنسان هو الله سبحانه وتعالى. كما تدرس المسلمين صراحة إلى الاعتراف بأنه لم يكن لديهم القوة لإخضاع أي شيء إلا مع الله سبحانه وتعالى من القهر.
الفصل الثالث
الاقفال
استنتاج
هي بيئة وسائل الاعلام حيث تعيش الكائنات الحية ، والعثور على ولها طابع مميز وظيفة والتي بدورها ذات الصلة إلى وجود الكائنات الحية التي تحتلها ، والناس لا سيما الذين لهم دور أكثر تعقيدا وحقيقية. الموارد الطبيعية أمر يمكن استخدامها لمختلف المصالح والاحتياجات للحياة البشرية التي هي الحياة أكثر ازدهارا في البيئة الطبيعية من حولنا. ويمكن الاطلاع على هذه الموارد الطبيعية في كل مكان كما هو الحال في التربة والمياه وسطح الأرض ، والهواء ، وما إلى ذلك. أمثلة على الموارد الطبيعية الأساسية ، مثل المعادن وأشعة الشمس ، والنباتات والحيوانات وغيرها الكثير.
بعض من المشاكل البيئية اليوم ما يلي :
أ. التلوث (تلوث) البيئة ، بما في ذلك تلوث الهواء ، تلوث المياه ، تلوث التربة ، والتلوث سليمة.
ب. قضايا الغابات ، مثل إزالة الغابات وقطع الأشجار وحرائق الغابات.
ج. تآكل التربة والفيضانات.
د. انجراف التربة والجفاف وتآكل السواحل.
ه. استنفاد طبقة الأوزون وظاهرة الاحتباس الحراري.
ف. تسبب المرض من خلال بيئة سيئة ، مثل الحكة والسعال والاسهال والتهابات الجهاز التنفسي
الإسلام يعطي توجيهات واضحة تماما أن الموارد الطبيعية والطاقة الاستيعابية للحياة البشرية ، من أجل الحقائق الروحية تشير إلى أن وقوع الكوارث الطبيعية مثل الفيضانات والانهيارات الارضية وغيرها من الكوارث الطبيعية التي تهيمن عليها أكثر الأنشطة البشرية. وقدم الله سبحانه وتعالى المرافق والموارد الطبيعية للحياة البشرية.
المراجع
Herimanto, Winarno. 2009. ILMU SOSIAL & BUDAYA DASAR.Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto Hari. 2006. Kebudayan dan Lingkungan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sarjono Agus R. 1999. Pembebasan Budaya Budaya Kita. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
http://organisasi.org/pengertian_sumber_daya_alam_dan_pembagian_macam_jenisnya_biologi
turunnya al-quran dengan tujuh huruf
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Orang Arab mempunyai aneka ragam lahjah (dialek) yang timbul dari fitrah mereka dalam langgam, suara dan huruf-huruf sebagaimana diterangkan secara komprehensip dalam kitab-kitab sastra. Setiap kabilah mempunyai irama sendiri dalam mengucapkan kata-kata yang tidak dimiliki oleh kabilah-kabilah lain. Namun kaum quraisy mempunyai faktor-faktor yang menyebabkan bahasa mereka lebih unggul diantara cabang-cabang bahasa arab lainnya. Antara lain karena tugas mereka menjaga Baitullah, menjamu para jema’ah haji, memakmurkan masjidil Haram dan menguasai perdagangan. Oleh sebab itu, semua suku bangsa arab menjadikan bahasa quraisy sebagai bahasa induk bagi bahasa-bahasa mereka karena adanya karakteristik tersebut.
Rumusan Masalah
Bagaimana turunnya al-quran pertama kali dengan 7 huruf ?
Apa yang f ?
Tujuan Penulisan
Mengetahui turunnya al-quran pertama kali dengan 7 huruf
Mengetahui penyebabkan al-quran turun pertama kali dengan 7 huruf
BAB II
PEMBAHASAN
Turunnya Al-Quran Dengan 7 Huruf
Orang Arab mempunyai aneka ragam lahjah (dialek) yang timbul dari fitrah mereka dalam langgam, suara dan huruf-huruf sebagaimana diterangkan secara komprehensip dalam kitab-kitab sastra. Setiap kabilah mempunyai irama sendiri dalam mengucapkan kata-kata yang tidak dimiliki oleh kabilah-kabilah lain. Namun kaum quraisy mempunyai faktor-faktor yang menyebabkan bahasa mereka lebih unggul diantara cabang-cabang bahasa arab lainnya. Antara lain karena tugas mereka menjaga Baitullah, menjamu para jema’ah haji, memakmurkan masjidil Haram dan menguasai perdagangan. Oleh sebab itu, semua suku bangsa arab menjadikan bahasa quraisy sebagai bahasa induk bagi bahasa-bahasa mereka karena adanya karakteristik tersebut.
Dengan demikian wajarlah jika Qur’an diturunkan dalam logat quraisy, kepada Rasul yang quraisy pula untuk mempersatukan bangsa arab dan mewujudkan kemukjizatan Qur’an ketika mereka gagal mendatangkan satu surah yang seperti Qur’an. Apabila orang arab berbeda lahjah (dialek) dalam pengungkapan sesuatu makna dengan perbedaan tertentu, maka Qur’an yang diturunkan kepada Rasul-Nya, Muhammad SAW , menyempurnakan makna kemukjizatannya karena ia mencakup semua huruf dan wajah qiraah pilihan diantara lahjah-lahjah itu. Dan ini merupakan salah satu sebab yang memudahkan mereka untuk membaca, menghafal dan memahaminya.
Nash-nash sunah cukup banyak mengemukakan hadis mengenai turunnya Qur’an dengan tujuh huruf, diantaranya: Dari Ibn Abbas, ia berkata : “Rasulullah berkata: ‘Jibril membacakan (Qur’an) kepadaku dengan satu huruf. Kemudian berulang kali aku mendesak dan meminta agar huruf itu ditambah, dan ia pun menambahnya kepadaku sampai dengan tujuh huruf”. Dari Ubai bin Ka’ab: “Ketika Nabi berada di dekat parit Bani Ghafar, ia didatangi jibril seraya berkata: ‘Allah memerintahkanmu agar membacakan Qur’an kepada umatmu dengan sau huruf’ . Dia menjawab : ‘Aku mohon kepada Allah ampunan dan maghfirah-Nya, karena umatku tidak dapat melaksanakan perintah itu’. Kemudian jibril datang lagi untuk yang kedua kalinya dan berkata : ‘Allah memerintahkanmu agar membacakan Qur’an kepada umatmu dengan dua huruf,’ Nabi menjawab : ‘Aku memohonkan kepada Allah ampunan dan maghfirah-Nya, umatku tidak kuat melaksanakannya.’ Jibril datang lagi untuk yang ketiga kalinya, lalu mengatakan : ‘Allah memerintahkanmu agar membacakan Qur’an kepada umatmu dengan tiga huruf,’ jawab Nabi : ‘Aku memohon kepada Allah ampunan dan Maghfirh-Nya, sebab umatku tidak kuat melaksanakannya.’ Kemudian jibril datang lagi untuk yang ketiga kalinya seraya berkata : ‘ Allah memerintahkanmu agar membacakan Qur’an kepada umatmu dengan tujuh huruf,’ dengan huruf mana saja mereka membaca, mereka tetap benar.”
Dari Umar bin Khatab ia berkata: “Aku mendengar Hisyam bin Hakim membacakan surah al Furqan di masa hidup Rasulullah. Aku perhatikan bacaannya, tiba-tiba ia membacanya dengan banyak huruf yang belum pernah dibacakan Raulullah kepadaku, sehingga hampir saja aku melabraknya di saat dia shalat, tetapi aku berusaha sabar menunggunya sampai salam. Begitu salam, aku tarik selendangnya dan bertanya : “Siapakah yang membacakan (mengajarkan bacaan) surah itu kepadamu?. Dia menjawab: ‘Rasulullah yang membacakannya kepadaku.’ Lalu aku katakan kepadanya: ‘Dusta kau ! Demi Allah, Rasulullah telah membacakan juga kepadaku surah yang kau dengar tadi engkau membacanya ( tapi tidak seperti bacaannu).’ Kemudian aku bawa dia ke hadapan Rasulullah, dan aku menceritakan kepadanya bahwa ‘ Aku telah mendengar orang ini membaca surah al Furqan dengan huruf-huruf yang tidak pernah engkau bacakan kepadaku, padahal engkau sendiri telah membacakan surah al Furqan kepadaku.’ Maka Rasulullah berkata : ‘ Lepaskan dia, wahai Umar. Bacalah surah tadi, wahai Hisyam, Hisyam pun membacanya dengan bacaan seperti kudengar tadi. Maka kata Rasululah: ‘Begitulah surah itu diturunkan.’ Ia berkata lagi : ‘Bacalah wahai Umar, lalu aku membacanya dengan bacaan sebagaimana diajarkan Rasulullah kepadaku. Maka kata Rasulullah; begitulah surah itu diturunkan.’ Dan katanya lagi : ‘Sesungguhnya Qur’an itu diturunkan dengan tujuh huruf, maka bacalah dengan huruf yang mudah bagimu, diantaranya.’
Hadis-hadis yang berkenaan dengan hal itu amat banyak jumlahnya dan sebagian besar telah diselidiki oleh Ibn Jarir didalam pengantar tafsirnya. As-Suyuti menyebutkan bahwa hadis-hadis tersebut diriwayatkan dari dua puluh orang sahabat. Abu ‘Ubaid al Qasim bin Salam menetapkan kemutawatiran hadis mengenai turunnya Qur’an dengan tujuh huruf.
Perbedaan Pendapat Tentang Pengertian Tujuh Huruf, Para ulama berbeda pendapat dalam menafsirkan tujuh huruf ini dengan perbedaan yang bermacam-macam. Sehingga Ibn Hayyan mengatakan : ‘Ahli ilmu berbeda pendapat tentang arti kata tujuh huruf menjadi tiga puluh lima pendapat.” Namun kebanyakan pendapat itu bertumpang tindih. Disini kami akan kemukakan beberapa pendapat diantaranya yang dianggap paling mendekati kebenaran.
Pendapat Pertama Sebagian besar ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf ialah tujuh macam bahasa dari bahasa-bahasa Arab mengenai satu makna; dengan pengertian jika bahasa mereka berbeda-beda dalam mengungkapkan satu makna, maka Qur’an pun diturunkan dengan sejumlah lafal sesuai dengan ragam bahasa tersebut tentang makna yang satu itu. Dan jika tidak terdapat perbedaan, maka Qur’an hanya mendatangkan satu lafaz.
Kemudian mereka berbeda pendapat juga dalam menentukan ketujuh bahasa itu. Dikatakan bahwa ketujuh bahasa itu adalah bahasa Quraisy, Huzail, Tsaqif, Hawazin, Kinanah, Tamim dan Yaman. Menurut Ibnu Hatim as-Sijistani, Qur’an diturunkan dalam bahasa Quraisy, Huzail, Tamim, Azad, Rabi’ah, Haazin, dan Sa’d bin Bakar. Dan diriwayatkan pula pendapat lain.”
Pendapat Kedua Suatu hukum berpendapat bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf ialah tujuh macam bahasa dari bahasa-bahasa arab dengan nama Qur’an diturunkan, dengan pengertian bahwa kata-kata dalam Qur’an secara keseluruhan tidak keluar dari ketujuh macam bahasa tadi. Yaitu bahasa paling fasih diantara kalangan bangsa arab. Meskipun sebagian besarnya dalam bahasa Quraisy. Sedang sebagian yang lain dalam bahasa Huzail, Saqif, Hawazin , Kinanah, Tamim atau Yaman; karena itu maka secara keseluruhan Qur’an mencakup ketujuh macam bahasa tersebut. Pendapat ini berbeda dengan pendapat sebelumnya, karena yang dimaksud dengan tujuh huruf dalam pendapat ini adalah tujuh huruf yang bertebaran di berbagai surah Qur’an. Bukan tujuh bahasa yang berbeda dalam kata tetapi sama dalam makna.
Berkata Abu ‘Ubaid: “Yang dimaksud bukanlah setiap kata boleh dibaca dengan tujuh bahasa, tetapi tujuh bahasa yang bertebaran dalam Qur’an. Sebagiannya bahasa Quraisy, sebagian yang lain bahasa Huzail, Hawazin ,Yaman dan lain-lain.” Dan katanya pula : ‘Sebagian bahasa-bahasa itu lebih beruntung karena dominan dalam Qur’an.”
Pendapat Ketiga Sebagian ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf adalah tujuh wajah, yaitu: amr (perintah), nahyu (larangan), wa’d (janji), wa’id (ancaman), jadal (perdebatan), qasas (cerita), dan matsal (perumpamaan). Atau amr, nahyu, halal, haram,muhkam, mutasyabih dan amtsal. Dari Ibn Masu’ud Nabi berkata : “Kitab umat terdahulu diturunkan dari satu pintu dan dengan satu huruf. Sedang Qur’an diturunkan melalui tujuh pintu dengan tujuh huruf, yaitu : zajr (larangan), amr, halal, haram, muhkam, mutasyabih dan amsal.”
Pendapat Keempat, Segolongan ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf ialah : tujuh macam hal yang diantaranya terjadi ihtilaf (perbedaan), yaitu:
Ihtilaful asma’(perbedaan kata benda): Yaitu dalam bentuk mufrad, muzakkar dan cabang-cabangnya, seperti tasniyah, jamak dan ta’nis.
Perbedaan dalam segi I’rab (harakat akhir kata)
Perbedaan dalam tasrif.
perbedaan dalam taqdhim (mendahulukan) dan takhir (mengakhirkan)
Perbedaan dalam segi ibdal (penggantian) baik penggantian huruf dengan huruf.
Perbedaan karena ada penambahan dan pengurangan.
Perbedaan lahjah seperti bacaan tafkhim (menebalkan) dan tarqiq (menipiskan), fatah dan imalah , idzhar dan idgham, hamzah dan tashil, isyman dll.
Pendapat Kelima Sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa bilangan tujuh itu tidak diartikan secara harfiah (maksudnya bukan bilangan antara enam dan delapan), tetapi bilangan tersebut hanya sebagai lambang kesempurnaan menurut kebiasaan orang arab. Dengan demikian, maka kata tujuh adalah isyarat bahwa bahasa dan susunan Qur’an merupakan batas dan sumber utama bagi perkataan semua orang arab yang telah mencapai puncak kesempurnaan tertinggi. Sebab lafaz sab’ah (tujuh) dipergunakan pula untuk menunjukkan jumlah banyak dan sempurna dalam bilangan satuan , seperti kata tujuh puluh dalam bilangan puluhan, dan ‘tujuh ratus’ dalam ratusan. Tetapi kata-kata itu tidak dimaksudkan untuk menunjukkan bilangan tertentu.
Pendapat keenam segolongan ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf tersebut adalah qiraat tujuh. Tarjih dan analisis pendapat terkuat dari semua pendapat tersebut ialah
Pendapat pertama yaitu bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf adalah tujuh macam bahasa dari bahasa-bahasa arab dalam mengungkapkan satu makna yang sama misalnya: aqbil, Ta’ala, halumma, ‘ajal dan asra’. Lafaz-lafaz yang berbeda ini digunakan untuk menunjukkan satu makna yaitu perintah untuk menghadap. Pendapat ini dipilih oleh Sufyan bin ‘Uyainah, Ibn Jarir, Ibn Wahb, dan lainnya. Ibn ‘Abdil Barr menisbahkan pendapat ini kepada sebagian besar ulama dan dalil bagi pendapat ini ialah apa yang terdapat dalam hadis berikut: “Jibril mengatakan: ‘Wahai Muhammad, bacalah Qur’an dengan satu huruf .’ lalu mengatakan: ‘Tambahkanlah’ Jibril berkata lagi ;’ dengan dua huruf’ jibril terus menambahnya hingga sampai enam atau tujuh huruf. Lalu ia berkata ‘ Semua itu obet penawar yang memadai, selama ayat azab tidak ditutup dengan ayat rahmat, dan ayat rahmat tidak ditutup dengan ayat azab, seperti kata-kata halumma, ta’ala, aqbil, izhab, asra’ dan ‘ajal.’ Berkata Ibn ‘Abdil Barr : “Maksud hadis ini hanyalah sebagai contoh huruf-huruf yang dengannya qur’an diturunkan. Ketujuh huruf itu mempunyai makna yang sama pengertiannya, tetapi berbeda bunyi ucapannya. Dan tidak satupun diantaranya yang mempunyai makna saling bermusuhan/berlawanan atau satu segi yang berbeda makna dengan segi lain secara kontradiktif dan berlawanan, seperti rahmat yang merupakan lawan dari azab.” Pendapat pertama ini didukung pula oleh banyak hadis antara lain: “Seorang laki-laki membaca Qur’an didekat Umar bin Khatab, umar marah kepadanya . orang itu berkata : ‘Sungguh aku telah membacanya dihadapan Rasulullah, tetapi ia tidak marah kepadaku,’ kata perawi: ‘Maka keduanya berselisih dihadapan Nabi. Orang itu berkata: ‘Wahai Rasulullah bukankah engkau membacakan kepadaku ayat itu begini dan begini ? Nabi menjawab : ‘Ya’ ! perawi menjelaskan ; dengan jawaban ini timbullah ketidakpuasan dihati Umar, dan Nabi mengetahui hal itu dari wajahnya. Lalu beliau menepuk-nepuk dada Umar sambil berkata : ‘jauhilah syetan’ ucapan ini di ulanginya sampai tiga kali. Kemudian katanya pula: ‘Wahai Umar Qur’an itu seluruhnya adalah benar, selama ayat rahmat tidak dijadikan azab atau ayat azab tidak dijadikan rahmat.’
Dari Busyr bib Sa’ad; ” Abu Juhaim al Ansary mendapat berita bahwa dua orang lelaki berselisih tentang sesuatu ayat Qur’an. Yang satu mengatakan, ayat itu dirterima dariRasulullah, dan yang lain pun mengatakan demikian, lalu keduanya menanyakan hal tersebut kepada Rasulullah. Maka kata Rasulullah : “Sesungguhnya Qur’an itu diturunkan dengan tujuh huruf, maka janganklah kamu saling berdebat tentang Qur;an karena perdebatan mengenainya merupakan suatu kekafiran; sesungguhnya Allah telah menyuruh aku agar membaca Qur’an atas tujuh huruf, Dari A’masy ia berkata : “Anas membaca ayat ini Inna naasyiatal laili hiya asyaddu wath an waashwabu qiila (al Muzammil: 6) maka orang-orang pun mengatakan kepadanya : ‘Wahai Abu Hamzah, kalimat itu adalah : aqwamu. Ia menjawab : aqwamu, ashwabu, dan ahya u itu sama saja.” Dari Muhamamad bin Sirin, ia berkata: “Saya mendapat berita bahwa jibril dan Mikail datang kepada Nabi. Jibril berkata : Bacalah Qur’an dengan dua huruf ! ‘ lalu Mikail berkata kepadanya : ‘Tambahkanlah.’ Kata perawi: permintaan itu terus diulangi hingga Qur’an boleh dibaca dengan tujuh huruf. Muhammad berkata : ‘Ketujuh huruf itu tidak berselisih mengenai halal dengan yang haram, dan tidak pula tentang perintah dengan larangan. Tetapi ia hanya seperti kata-katamu : Ta’ala, halumma dan aqbil.’ Selanjutnya ia jelaskan, menurut qiraat kami ayat ini dibaca : In kanat illa shai hatun wa hidatun ( Yasin : 29, 53) , tetapi dalam qiraat Ibn Masu’d dibaca : in kanat illa zaqyatan wahidatan.’
Pendapat kedua yang menyatakan bahwa yang dimaksdu dengan tujuh huruf ialah macam bahasa dari bahasa-bahasa arab dengan mana Qur’an diturunkan;” dengan pengertian bahwa kalimat-kalimatnya secara keseluruhan tidak keluar dari tujuh bahasa tadi, karena itu maka himpunan Qur;an telah mencakupnya- dapat dijawab bahwa bahasa arab itu lebih banyak dari tujuh macam, disamping itu Umar bin Khattab dan Hisyam bin Hakim keduanya adalah Quraisy yang mempunyai bahasa yang sama dan kabilah yang sama pula, tetapi qiraat (bacaan) kedua orang itu berbeda, dan mustahil Umar mengingkari bahasa Hisyam (namun ternyata Umar mengingkarinya). Semua itu menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf bukanlah apa yang mereka kemukakan, tetapi hanyalah perbedaan lafaz-lafaz mengenai makna yang sama. Dan itulah pendapat yang kita kukuhkan;
Setelah mengemukakan dalih-dalih untuk membatalkan pendapat kedua ini Ibn Jarir at Tabari mengatakan: “Tujuh huruf yang dengannya Qur’an diturunkan adalah tujuh dialek bahasa dalam satu huruf dan satu kata karena perbedaan lafal tetapi sama maknanya.
Pertanyaan yang mungkin akan muncul, ” Dimanakah kita jumpai didalam kitab Allah satu huruf yang dibaca dengan tujuh bahasa yang berbeda-beda lafaznya. Tetapi sama maknanya ?” dengan mengatakan : “Kami tidak mendakwakan hal itu, masih ada sekarang ini, ia juga menjawab pertanyaan yang diandaikan lainnya, “Mengapa pula huruf-huruf yang enam itu tidak ada ?” ia menerangkan” : ‘Umat islam disuruh untuk menghafalkan Qur’an, dan diberi kebebasan untuk memilih dalam bacaan dan hafalannya salah satu dari ketujuh huruf itu sesuai dengan keinginanya sebagaimana diperintahkan. Namun pada masa Utsman keadaan menuntut agar bacaan itu ditetapkan dengan satu huruf saja karena dikawatirkan akan timbul fitnah. Kemudian hal ini diterima secara bulat umat islam, suatu umat yang dijamin bebas dari kesesatan.”Pendapat ketiga yang menyatakan bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf ialah tujuh macam hal (makna), yaitu : amr, nahyu, halal, haram, muhkam, mutasyabih dan masal-dijawab, bahwa dzahir hadis-hadis tersebut menunjukkan tujuh huruf itu adalah suatu kata yang dapat dibaca dengan dua atau tiga hingga tujuh macam sebagai keleluasaan bagi umat; padahal sesuatu yang satu, tidak mungkin dinyatakan halal dan haram didalam satu ayat, dan keleluasanpun tidak dapat direfleksikan dalam pengharaman yang halal. Penghalalan yang haram atau pengubahan sesuatu makna dari makna-makna tersebut. Dalam hadis-hadis terdahulu ditegaskan bahwa para sahabat yang berbeda bacaan itu meminta keputusan kepada Nabi. Lalu setiap oranb diminta menyampaikan bacaannya masing-masing, kemudian Nabi membenarkan semua bacaan mereka meskipun bacaan-bacaan itu berbeda dengan yang lain, sehingga keputusan Nabi ini menimbulkan keraguan disebagian mereka. Maka kepada mereka yang masih ragu terhadap keputusan itu Rasululah berkata: Sesungguhnya Allah memerintahkanku untuk membaca Qur’an dengan tujuh huruf.”
Kita maklum, jika perselisihan dan sikap saling meragukan itu menyangkut tentang penghalalan, pengharaman, janji, ancaman, dan lain sebagainya. Yang ditunjuk oleh bacaan mereka, maka mustahil Rasulullah akan membenarkan semuanya dan memerintahkan setiap orang untuk pada bacaannya masing-masing sesuai dengan qiraat yang mereka bacakan itu. Sebab jika hal demikian dapat dibenarkan, berarti Allah yang maha terpuji telah memerintahkan dan memfardukan untuk melakukan suatu perbuatan tertentu dalam bacaan orang yang bacaannya menunjukkan kefarduannya.” Melarang dan mencegah untuk melakukan sesuatu itu, dalam bacaan oranag yang bacaannyamenunjukkan larangan dan cegahan; serta membolehkan secara mutlak untuk melakukannya, dalam arti memberikan keleluasaan bagi siapa saja diantara hamba-hambanya untuk melakuakan atau meninggalkannya didalam bacaan orang yang bacaannya menunjukkan pilihan.
Pendapat demikain, jika memang ada berarti menetapkan apa yang telah ditiadakan Allah yang maha terpuji dari Qur’an dan hukum kitabnya. Allah berfirman :
“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Aqur’an ? kalau sekiranya Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapati pertentangan yang banyak dijalannya (an Nisa’: 82). Peniadaan hal tersebut (kontradiksi dalam Qur’an) oleh Allah yang maha terpuji dalam kitabNya yang muhkam merupakan bukti paling jelas bahwa Dia tidak menurunkan kitabnya melalui lisan Muhammad kecuali dengan satu hukum yang sama bagi semua mahluknya, bukan dengan hukum-hukum yang berbeda bagi mereka.Pendapat keempat yang vmenyatakan bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf adalah tujuh macam hal yang didalamnya terjadi ihtilaf dijawab bahwa pendapat ini meskipun telah populer dan diterima, tetapi tidak dapat tegak dihadapan bukti-bukti dan argumentasi pendapat pertama yangn menyatakan dengan tegas sebagai perbedaan dalam beberapa lafal yang mempunyai makna yang sama. Disamping itu disamping itu sebagian dari perubahan atau perbedaan ayang meraka kemukakanpun hanya terdapat dalam qiraat-qiraat ahad. Pada hal tidak diperselisihkan lagi, bahwa segala sesuatu yang berupa Qur’an itu haruslah mutawatir. Begitu juga bagian besar dari perbedaan-perbedaan itu hanya mengacu pada bentuk kata atau cara pengucapannya yang tidak menimbulkan perbedaan lafal, seperti perbedaan dalam segi qiraat, tasrif, tathim, tarhib, fathah, imalah, idzhar, idgham dan isyman. Perbedaan semacam ini tidak termasuk perbedaan yang bermacam-macam dalam lafal dan makna;” sebab cara-cara yang berbeda dalam mengucapkan suatu lafaz tidak mengeluarkannya dari statusnya sebagai lafal yang satu.
Para pendukung pendapat keempat memandang bahwa mushaf-mushaf Usmani mencakup ketujuh huruf tersebut seluruhnya. Dengan pengertian bahwa mushaf-mushaf itu mengandung huruf-huruf yang dimungkinkan oleh bnetuk tulisannya. Misalnya ayat al mu’minun ayat 8. ayat ini dapat dibaca dengan bentuk jama’ dan mufrad. Dalam rasm Usmani ditulis Li amanatihim secara bersambung tetapi dengan menggunakan alif kecil (harakat berdiri). Begitu juga ayat Saba’ : 19, dalam rasm Usmani tertulis “Ba’da” secara bersambung dengan alif kecil diatasnya pula. Dan bagitu seterusnya?.
Apa yang mereka kemukakan sebagai salah satu macam ihtilaf ini tidak dapat dibenarkan.
Perbedaan karena penambahan dan pengurangan misalnya dalam firman-Nya surah Taubah :100 yang dibaca pula Min Tahtihal Anhaar dengan tambahan Min dan Firman Nya surah al Lail ayat 3 yang juga dibaca Wadzdzakaro Wal untsa dengan penambahan kata Maa halaq. Perbedaan karena terdapat taqdim dan ta’khir misalnya dalam firmanNya (Qaf:19) yang dibaca juga dengan Wajaat sakratul haqqi bilmaut sedang perbedaan dengan sebab ibdal (pengertian) seperti dalam firmanNya Watakunuljibalukalihnil manfus yang dibaca Watakunul jibalu kassufil manfus. Andaikata huruf-huruf ini masih terdapat dalam mushaf-mushaf Usmani tentulah mushaf tersebut tidak dapat meredam pertikaian dalam hal perbedaan bacaan. Sebab meredam pertikaian hanya dapat dicapai dengan cara mempersatukan umat pada satuhuruf dari ketujuh huruf yang dengannya Qur’an diturunkan. Kalaulah tidak demikian , tentu perbedaan bacaan akan tetap ada dan juga tidak akan ada perbedaan antara motif pengumpulan mushaf yang dilakukan Usman dengan pengumpulan yang dilakukan Abu Bakar. Akan tetapi sebagai sumber menunjukkan bahwa pengumpulan Qur’an yang dilakukan Usman adalah penyalinan kembali Qur’an menurut satu huruf diantara ketujuh huruf itu untuk menyeragamkan kaum muslim pada satu mushaf. Usman berpendapat bahwa memebaca Qur’an dengan ketujuh huruf itu hanyalah untuk menghilangkan kesempitan dan kesulitan dimasa-masa awal, dan kebutuhan akan hal itupun sudah berakhir. Maka kuatlah motifnya untuk menghilangkan segala unsur yang menjadi faktor perbedaan bacaan, dengan mengumpulkan dan menyeragamkan umat pada satu huruf saja. Dan kebijaksanaan Usman ini kemudian disepakati oleh para sahabat. Maka dengan adanya kesepakatan ini terjadilah ijma’. Pada masa Abu Bakar dan Umar para sahabat tidak memerlukan pembukuan Qur’an seperti yang dibukukan Usman sebab pada masa keduanya tidak terjadi perselisihan tentang Qur’an sperti yang terjadi pada masa Usman. Dengan demikian maka Usman telah melakukan suatu kebijaksanaan besar.” Menghilangkan perselisihan., mempersatulkan dan menetramkan umat.Pendapat kelima yang menyatakan bilangan tujuh itu tidak diartikan secara harfiah, dapat dijawab, bahwa nas-nas hadis menunjukkan hakikat bilangan tersebut secara tegas seperti jibril membacakan (Qur’an) kepadaku dengan satu huruf. Kemudian berulang kali aku mendesaknya agar huruf itu ditambah, dan iapun menambahkannya kepadaku sampai tujuh huruf dan sesungguhnya Tuhanku mengutusku untuk membaca Qur’an dengan satu huruf. Lalu berulang-ulang aku meminta kepadanya untuk memberi kemudahan kepada umatku. Maka ia mengutusku untuk membaca Qur’an dengan tujuh huruf jelaslah hadis-hadis ini menunjukkan hakikat bilangan tertentu tyang terbatas pada tujuh.
Pendapat keenam yang menyatakan maksud tujuh huruf adalah tujuh qiraat, dapat dijawab bahwa Qur’an itu bukanlah qiraat. Qur’an adalah wahyu yang diturunkan kepada Muhammad sebagai bukti risalah dan mukjizat. Sedang qiraat adalah perbedaan dalam cara mengucapkan lafal-lafal wahyu tersebut, seperti meringankan (takhfif), memberatkan (tasqil) membaca panjang dan sebagainya. Berkata Abu Syamah: ‘Suatu kaum mengira bahwa qiraat tujuh yang ada sekarang ini itulah yang dimaksud dengan tujuh huruf dalam hadis.” Asumsi ini sangat bertentangan kesepakatan ahli ilmu dan yang beranggapan, seperti ini hanyalah sebagian orang-orang bodoh saja. Lebih lanjut at-Tabary mengatakan : “adapun perbedaan bacaan seperti merafa’kan sesuatu huruf, menjarkan, menasabkan, mensukunkan, mengharakatkan, dan memindahkannya ketempat lain dalam bentuk yang sama, semua itu tidak termasuk dalam pengertian ucapan Nabi, “Aku diperintah untuk membaca Qur’an dengan tujuh huruf.’ Sebab sebagaimana diketahui tidak ada satu huruf pun dari huruf-huruf Qur’an yang perbedaan bacaannya, menurut pengertian ini, menyebabkan seseorang dipandang telah kafir karena meragukannya, berdasarkan pendapat salah seorang ulama-padahal mensinyalir keraguan tentang huruf itu sebagai suatu kekafiran, itu termasuk salah satu segi yang dipertentangkan oleh mereka yang berselisih seperti yang dijelaskan dalam banyak riwayat.
Nampaknya apa yang menyebabkan mereka terperosok ke dalam kesalahan ini ialah adanya kesamaan “bilangan tujuh” (dalam hadis ini dengan qiraat yang populer), sehingga permasalahannya menjadi kabur bagi mereka; Ibn ‘Imar berkata: “Orang yang menginterprestasikan qiraat tujuh terhadap kata “sab’ah” dalam hadis ini telah melakukan apa yang tidak sepantasnya dilakukan dan membuat kesulitan bagi orang awam dengan mengesankan kepada setiap orang yang berwawasan sempit bahwa qiraat-qiraat itulah yang dimaksudkan oleh hadis. Alangkah baiknya andai kata qiraat yang masyhur itu kurang dari tujuh atau lebih, tentu kekaburan dan kesalahan ini tidak perlu terjadi.’”
Dengan pembicaraan ini , jelaslah bahwa pendapat pertama (A) yang menyatakan bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf adalah tujuh bahasa dari bahasa orang arab mengenai satu makna yang sama adalah pendapat yang sesuai dengan zahir nas-nas dan didukung oleh bukti-bukti yang sahih. “Dari Ubai bin Ka’ab, ia berkata: “Rasulullah berkata kepadaku: ‘Sesungguhnya Allah memerintahkan aku agar membaca Qur’an dengan satu huruf, lalu aku berkata : ‘Wahai Tuhanku, berilah keringanan kepada umatku.’ Kemudian ia memerintahkanku dengan firmanNya, Bacalah dengan dua huruf. Kemudian aku berkata lagi: “Wahai Tuhanku ringankanlah umatku. Maka Ia pun memerintahkan kepadaku untuk membacanya dengan tujuh huruf dari tujuh pintu surga. Semuanya obet penawar dan memadai. At-Tabari berkata ” Yang dimaksud dengan tuuh huruf ialah tujuh macam bahasa, seperti yang telah kita katakan, dan tujuh pintu surga adalah makna-makna yang terkandung didalamnya, yaitu : amr, nahyu, targib, tarhib, kisah dan masal, yang jika seseorang mengamalkannya sampai dengan batas-batasnya yang telah ditentukan, maka ia berhak masuk surga. Alhamdulillah, tidak ada satu pendapatpun dari orang-orang terdahulu yang bertentangan dengan apa yang kita katakan ini, sedikitpun juga. Sedangkan makna ‘semuanya syafin (obat penawar) dan kafin (memadai) adalah sebagaimana difirmankan Allah Yang Maha Terpuji tentang sifat-sifat Qur’an: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”(Yunus: 57).
jadi , Qur’an dijadikan oleh Allah sebagai obat penawar bagi orang-orang mukmin, yang dengan nasehat-nasehatnya mereka sembuhkan segala penyakit yang menimpa hati mereka yaitu bisikan setan dan getaran-getarannya. Karena itulah maka Qur’an telah memadai dan mereka tidak memerlukan lagi nasehat yang lain, dengan penjelasan-penjelasan ayat-ayat Nya itu.
BAB III
KESIMPULAN
Hikmah Turunnya Qur’an dengan Tujuh Huruf dapat disimpulkan sebagai berikut:
Untuk memudahkan bacaan dan hafalan bagi bangsa yang ummi, tidak bisa baca tulis, yang setiap kabilahnya mempunyai dialek masing-masing, namun belum terbiasa menghafal syari’at, apa lagi mentradisikannya. Hikmah ini ditegaskan oleh beberapa hadis antara lain dalam ungkapan berikut: Ubai berkata : “Rasulullah bertemu dengan jibril di ahjarul Mira’, sebuah tempat di Kuba’, lalu berkata : ‘Aku ini diutus kepada umat yang ummi, diantara mereka ada anak-anak , pembantu, kakek-kakek tua dan nenek-nenek jompo.’ Maka kata jibril : ‘Hendaklah mereka membaca Qur’an dengan tujuh huruf. “Allah memerintahkan aku untuk membacakan Qur’an bagi umatmu dengan satu huruf. Lalu aku mengatakan: ‘Wahai Tuhanku, berilah keringanan bagi umatku. “Allah memerintahkan engkau untuk membacakan Qur’an kepada umatmu dengan satu huruf. Nabi menjawab : ‘Aku memohon kepada Allah ampunan dan maghfirahNya, umatku tidak akan sanggup melakukan perintah itu.”
Bukti kemukjizatan Qur’an bagi naluri atau watak dasar kebahasan orang arab. Qur’an mempunyai banyak pola susunan bunyi yang sebanding dengan segala macam cabang dialek bahasa yang telah menjadi naluri bahasa orang-orang arab, sehingga setiap orang arab dapat mengalunkan huruf-huruf dan kata-katanya sesuai dengan irama yang telah menjadi watak dasar mereka dan lahjah kaumnya, dengan tetap keberadaan Qur’an sebagai mukjizat yang ditantangkan Rasulullah kepada mereka. Dan mereka tidak mampu menghadapi tantangan tersebut. Sekalipun demikian, kemukjizatan itu bukan terhadap bahasa melainkan terhadap naluri kebahasaan mereka itu sendiri.
Kemukjizatan Qur’an dalam aspek makna dan hukum-hukumnya. Sebab perubahan-perubahan bentuk lafaz pada sebagian huruf dan kata-kata memberikan peluang luas untuk dapat disimpulkan dari padanya bebagai hukum. Hal inilah yang mentebabkan Qyr’an relevan untuk setiap masa. Oleh karena itu, para fuqaha dalam istinbat (penyimpulan hukum) dan ijtihad berhujjah dengan qiraat bagi ketujuh huruf ini.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman Emsoe, Apriyanto Ranoedarso. 2009. the amazing stories of al-quran. Bandung: salamadani
Nizhan, Abu.2008. Buku Pintar Al-Quran. Jakarta: Qultum Media
http://elfadhi.wordpress.com/2007/03/29/turunnya-al-quran-dengan-7-huruf/
Lubang Hitam Termuda Ditemukan
Para astronom berhasil mengambil citra lubang hitam yang masih fresh, baru saja "dilahirkan" alias terbentuk. Pengambilan citra lubang hitam yang berjarak 50 juta tahun cahaya dari Bumi itu dilakukan dengan bantuan teleskop luar angkasa Chandra X-Ray.
Lubang hitam itu diketahui terbentuk dari supernova bernama SN1979C yang terletak di galaksi M100. Supernova SN1979C terbentuk dari ledakan sebuah bintang pada tahun 1979 yang berhasil diamati oleh seorang astronom amatir asal Amerika Serikat.
Dalam kurun waktu 30 tahun, para astronom memperkirakan bahwa lubang hitam ini telah menghisap massa gas yang setara dengan massa bumi. "Lubang hitam ini seperti pemakan planet dalam film Star Trek," kata Kimberly Weaver, astrofisikawan NASA yang terlibat dalam observasi ini.
Avi Loeb, astronom lain, mengatakan, "Ini adalah kali pertama kita bisa melihat lubang hitam yang baru saja terbentuk. Dengan penemuan ini, kita bisa mempelajari sebuah lingkungan yang tidak bisa direkayasa di laboratorium, hanya ada di alam semesta."
Penemuan ini juga berbeda dengan penemuan lubang hitam yang lain sebab para astronom secara pasti mengetahui waktu terbentuknya lubang hitam serta bisa menyaksikan kelahiran dan perkembangan lubang hitam tersebut sejak "bayi". Bisa dikatakan bahwa lubang hitam ini merupakan lubang hitam termuda yang pernah ditemukan.
Dengan mempelajari lubang hitam ini, ilmuwan bisa memahami tentang mekanisme ledakan massif dari suatu bintang, jumlah lubang hitam yang ada di alam semesta, dan seberapa banyak materi yang tersisa dari sebuah ledakan bintang.
Adapun Lubang hitam merupakan pemusatan massa di suatu daerah di luar angkasa yang menghasilkan gaya gravitasi tinggi sehingga tidak ada satu pun zat, termasuk cahaya, yang mampu lari darinya. Lubang hitam itu menghisap seluruh materi sisa-sisa ledakan bintang.
Hasil observasi ini dupublikasikan dalam jurnal New Astronomy yang terbit baru-baru ini. Para peneliti yang terlibat adalah Weaver, Loeb, Christine Jones, dan Daniel Patnaude dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.
Inilah Planet Pertama di Luar Bima Sakti
Untuk kali pertama, para ilmuwan menemukan sebuah planet di luar galaksi Bima Sakti, bukan hanya di luar tata surya. Selama ini, planet-planet asing di luar tata surya kita atau sering disebut planet ekstrasolar selalu ditemukan di dalam bagian galaksi Bima Sakti.
Namun, sebuah planet yang baru-baru ini terdeteksi diketahui berada di luar tepian galaksi yang mengorbit sebuah bintang yang tengah sekarat pada jarak 2000 tahun cahaya dari Bumi. Planet tersebut berukuran sedikit lebih besar dari Jupiter, planet terbesar di tata surya, dan sama-sama termasuk jenis planet gas panas.
"Penemuan ini sangat mengejutkan. Karena jaraknya yang sangat jauh, selama ini tidak ada planet-planet yang terdeteksi di galaksi lainnya," ujar Rainer Klement dari the Max Planck Institute of Astronomy, Kamis (18/11/2010). Yang lebih mengejutkan lagi, kepala ilmuwan yang meneliti planet tersebut adalah astronom asal Indonesia yang bekerja di the Max Planck Institute, Johny Setiawan.
Johny Setiawan dan timnya berhasil mendeteksi lokasi bintang dan planet tadi setelah memusatkan perhatian pada sebuah denyut gelombang di permukaan bintang akibat gaya gravitasi planet dan bintang yang sedang mengorbit. Mereka menggunakan teleskop yang dimiliki Laboratorium Selatan Eropa di Observatorum La Silla, Cile, yang dibangun di ketinggian 2.400 meter dan terletak sekitar 600 kilometer utara ibu kota Santiago.
Planet tersebut diberi nama HIP 13044 b. Sistem planet dan bintang tersebut diduga bagian dari arus helmi, sekelompok bintang yang tercerai-berai dari galaksi mini yang hancur setelah disedot galaksi Bima Sakti antara 6 dan 9 miliar tahun lalu. Planet dan bintang tersebut juga diperkirakan tengah bergerak ke arah Bima Sakti sebelum melebur.
Bintang merah raksasa
Bintang yang dikelilingi planet HIP 13044 b itu termasuk jenis bintang merah raksasa yang sedang memasuki fase kehancurannya. Ukurannya menggembung menjadi sangat besar karena hampir seluruh energi dari intinya telah dilepaskan. Planet menjadi sangat panas karena mengorbit dekat sekali dengan bintang tersebut.
Selain mengorbit sangat dekat, planet tersebut mengelilingi bintangnya dengan sangat cepat dan dalam periode 16 hari saja. Para ilmuwan pun memperkirakan umur planet tersebut tidak lama sebelum hancur menabrak bintangnya.
"Penemuan ini sangat menarik untuk melihat masa depan sistem tata surya kita karena Matahari juga diperkirakan akan menjadi bintang merah raksasa lima miliar tahun lagi," ujar Johny.
Syiir Tanpo Wathon
By : KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
Astaghfirulloh robbal baroo yaa
Astaghfirulloh minal khotoo yaa
Rabbi zidni ’ilman na fi’ah wawa fiqni ’amalan sholihah
Yaa rosululloh salamun’alaik
Yaa rofiassa ni wa daaroji
Athfathayyaji rotal alami
Yauuhay laljuu diwal karomi 2x
Ngawithi ingsun nglara syi’irran
Kelawan muji maring pengeran
Kang paring rohmat lan kenikmatan
Rino wengine tanpo pitungan 2x
Duh bolo konco prio wanito
Ojo mung ngaji(syare’at bloko)
Gur pinter dongeng, nulis, lan moco
Tembe burine bakal sangsoro 2x
Akeh kang apal qur’an haditsse
Seneng ngafirke (marang liyane)
Kafire dewe gak digaktekke
Yen isih kotor ati akalle 2x
Gampang kabuju’
Nafsu angkoro ing pepaesse gebbyare dunyo
Iri lan meri sugihe tonggo
Mulo atine peteng lan nisto 2x
Ayo sedulur
Jo nglalekake wajibe ngaji sak pranatane
Gumendelake iman tauhidte
Bagusse sangu mulyo matine 2x
Kang aran sholeh
Bagus atine kerono mapan sangu ilmune
Lagu thorekot lan ma’rifate
Ugo hakekot manjing rasane 2x
Al-qur’an qodim
wahyu minulyo tanpo dinulis (biso diwoco)
Iku wejangan guru was kitho
Den tancep ake ing jerro dodo 2x
Kumantil ati lan pikiran merasuk ing badan (kabeh jerroan)
Mukjizat rosul dadi pedoman
Minongko dalan manjingi iman 2x
Kelawan Alloh kang moho suci
Kudhu rangkulan rino lan wengi
Ditirakati diriyadhoi
Dzikir lan shuluk jo’ nganthi lali 2x
Urippe ayem
Rumongso aman dununge rosso tondo yen iman
Sabar nerimo najan pas-pasan
Kabeh dinakdir sangking pengeran 2x
Kelawan konco dulur lan tonggo kang podo rukun ojo disio
Iku sunnahe rosul kang mulyo
Nabi muhammad panutan kitho 2x
Ayo ngelakoni sekabehani
Alloh kang bakal ngangkat drajati
(Senajan ashor toto dhohire)
Ananging mulyo maqom drajati 2x
Balastro ing pungkasani orak kessasar roh lan sukmane
Den gadang Alloh suwargo manggone
uduk mayyitte ugo ulesse 2x
Yaa rosululalloh salamun’alaik
Yaa rofiassa ni wa daaroji
Athfathayyaji rotal ’alami
Yauuhay laljuu diwal karomi 2x
Al – Fatihah............