Minggu, 31 Mei 2009

NASA Sewa Transportasi Antariksa Rusia

Jumat, 29 Mei 2009 | 21:11 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Badan Antariksa Rusia akan melayani jasa pengiriman astronot Amerika mulai tahun 2012 menyusul dihentikannya semua operasional pesawat ulang alik milik NASA.

Kontrak kerja sama kedua belah pihak telah ditandatangani pada Jumat (29/5). NASA bersedia membayar kontrak sebesar 306 juta dollar AS untuk mengirimkan empat kali peluncuran ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dalam setiap kali peluncuran, roket Soyuz buatan Rusia membawa 3 awak. Selain melakukan pengiriman, Rusia akan memenuhi segala kebutuhan enam astronot Amerika untuk misi jangka panjang.

Perjanjian kerja sama itu juga menyatakan kemungkinan perpanjangan kontrak. Namun, biayanya ada kemungkinan naik.

NASA memutuskan untuk menghentikan peluncuran pesawat antariksanya pada tahun 2010 dan sedang fokus pada pengembangan wahana baru yang dapat dipakai untuk meluncur ke Bulan. Sebelum pesawat penerus jadi, Rusia satu-satunya negara yang punya teknologi pengiriman awak ke stasiun antariksa.

Sebelumnya, roket Soyuz Rusia telah melayani wisata antariksa untuk memenuhi biaya operasional lembaga tersebut. Turis terakhir, Charles Simonyi, seorang pengusaha AS, membayar 35 juta dollar AS untuk berkunjung ke ISS lebih dari seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar