Rata-rata setiap pengunjung melihat blog ini tidak lebih dari 5 menit saja, baik itu sumbernya dari search engine maupun situs / weblog.
Bagitu juga dengan aktivitas blogwalking yang saya lakukan kepada teman-teman, tidak lebih dari 5 menit, dari mulai membaca artikel sampai memberikan komentar di akhir artikel..
Bagaimana cara memikat pengunjung dalam waktu yang cukup singkat ini menjadi daya tarik tersendiri dan fokus dalam menyimak artikel yang kita tampilkan.
Jurus ini banyak juga dipakai oleh blogger yang melakukan promosi bisnisnya atau trik marketing pada sebuah artikel dalam media blog.
Inilah 5 tips yang bisa membuka mata pengunjung menjadi fokus kepada artikel :
1. Headline (Judul Artikel)
Perhatikan headline yang akan ditampilkan, gunakan kata-kata yang banyak diminati oleh visitor, ciptakan juga nuansa bombastis atau bisa juga berlawanan arah.
Ada beberapa headline yang banyak diminati oleh visitor blog, misalnya : 10 Jurus meningkatkan alexa rank, Cara Praktis Meningkatkan Traffic, Google PageRank VS Alexa Rank dan lain-lain.
Bagaimanapun juga setiap pengunjung baru yang mampir di blog kita, Headline adalah sasaran awal yang dilirik oleh mereka.
2. Gunakan Paragraph
Sebagian blogger mengabaikan paragraph dalam artikelnya, hal ini dapat menyulitkan pembaca dalam memahami setiap kalimat yang dimunculkannya. Paragraph itu penting sekali untuk menetapkan jeda sebuah kalimat yang dimaksud supaya dapat dimengerti oleh pembaca.
3. Berikan Sentuhan Warna
Memberikan warna pada artikel akan menghadirkan nuansa yang berbeda kepada pembaca dan warna adalah salah satu unsur yang paling mudah diingat oleh indra. Sebagai contoh ketika kita melihat rambu-rambu lalu lintas dijalan, bagaimana jadinya kalau rambu-rambu lalu lintas dalam bentuk teks berjalan....
4. Jelaskan Maksud dan Tujuan
Jika kita ingin memberikan nilai manfaat kepada pembaca, perlu kiranya blogger menjelaskan apa maksud dari artikel ini dan apa sih tujuan yang ingin dicapai. Seberapa jauh pengunjung balik lagi ke blog kita adalah seberapa jauh maksud dan tujuan dari artikel dapat memberikan manfaat kepada pembaca.
Bisa kita jelasakan dalam bentuk rincian nomor, atau simbol, seperti ini:
- Uraian 1
- Uraian 2
- Uraian 3...dan seterusnya.
Rangkuman dari artikel dapat memberikan sentuhan berbeda kepada pembaca sehingga memudahkannya untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan artikel ini.
Menciptakan interaksi kepada pembaca di akhir artikel menunjukan bahwa artikel yang kita buat ditujukan bagi pembaca, bukan untuk kepentingan kita sendiri sebagai pembuat artikel dan memberikan kesempatan kepada pembaca untuk seluas-luasnya memberikan kommentar yang beragam.
Kesimpulannya :
Saya mengulang kembali bahwa pengunjung yang datang ke blog kita hanya punya waktu 5 menit saja untuk menyimak artikel yang kita tampilkan dan berikanlah sentuhan yang berbeda kepada pembaca sehingga dapat memberikan kesan positif kepada artikel yang kita tampilkan.
Dimana kita akan menampilkan sebuah artikel, lihatlah dari kacamata pembaca, bukan dari sudut kita sebagai penulis artikel, kaji ulang kembali dan bertanyalah kepada diri sendiri ; apakah artikel saya dapat dimengerti oleh pembaca atau tidak?
Pernahkan Anda membaca komentar yang tidak berhubungan dengan artikel yang ditampilkan...
Siapakah penyebabnya....
Pernahkah terpikirkan bahwa siapa tahu ini adalah bentuk ke-tidak-mengertian dari pembacanya terhadap artikel yang kita ditampilkan...
Nah...Type apakah Anda...
Apakah penulis artikel lepas...
Apakah penulis artikel sponsor produk...
Apakah penulis internet marketing...
Setiap blogger mempunyai selera yang berbeda-beda dan saya menghargai sekali perbedaan ini.
Saya tunggu partisipasi teman-teman semua untuk berbagi dengan saya...
Salam Sukses....@
tak komentari dewe ben juara 1
BalasHapuspener kowe
BalasHapus