Sabtu, 27 Desember 2008

Poster Bush Dilempari Sepatu di Iran


Sabtu, 27 Desember 2008 | 00:09 WIB

TEHERAN,JUMAT-Puluhan warga Iran melempari poster Presiden AS George W Bush dengan sepatu di Teheran, Jumat (26/12). Aksi ini untuk mendukung wartawan Irak yang kini dipenjara karena melampari Bush dengan sepatu, dua pekan lalu di Baghdad.

Demonstrasi ini disponsori Pasukan Garda Revolusi, berlangsung dekat Universitas Teheran dan Kedutaan AS. Sekitar 70 orang berhenti dan melemparkan sepatu mereka sebelum shalat Jumat di kampus Universitas Teheran.

Wartawan Irak Muntazer Al-Zaidi menghadapi persidangan pekan depan setelah melempari Bush dengan kedua sepatunya pada 14 Desember lalu. Saat kejadian Bush sedang mengadakan konferensi pers didampingi Perdana Menteri Irak Nuri Al Maliki di Zona Hijau.

Sejumlah ulama terkemuka Iran, anggota palemen dan politisi menyampaikan pernyataan dukungan kepada Zaidi. Mereka menyebut aksi lempar sepatu itu adalah ungkapan hati sesungguhnya dari rakyat Irak kepada Bush.

Juru Bicara Presiden Mahmoud Ahmadinejad, Ali Akbar Javanfekr menyebut aksi lempar sepatu itu adalah reaksi wajar atas "berbagai kejahatan yang dilakukan AS". "Sejak wartawan Irak melakukan tindakan berani, rakyat Iran dan media mendukungnya," kata Javanfekr. Pasukan Garda Revolusi Iran menyebut Zaidi sebagai wartawan berani dan bertindak sebagai pahlawan.


ONO
Sumber : CNN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar