Selasa, 14 Juli 2009

2014, SBY, Mega, JK Jadi The Last Mohicans


Selasa, 14 Juli 2009 | 14:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pemimpin partai politik besar, seperti Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar M Jusuf Kalla, dan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto harus mampu melakukan regenerasi politik terhadap generasi yang lebih muda seusai Pemilu Presiden 2009. Dengan demikian, tongkat estafet kepemimpinan mereka dapat segera dilanjutkan.

"Mega, JK, SBY, Wiranto, itu akan menjadi "The Last Mohicans" atau generasi terakhir. Mereka harus secara sengaja melakukan regenerasi. Jika tidak, dikhawatirkan pada tahun 2014, partai mereka akan menjadi partai gurem karena kekurangan pemimpin," ujar Direktur Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kepada para wartawan, Selasa (14/7) di Jakarta.

The Last of the Mohicans (1826) sendiri merupakan novel fiksi karya James Fenimore Cooper yang bercerita tentang nasib suku Mohican terakhir di tengah-tengah perang yang berkecamuk antara Perancis dan suku Indian melawan Inggris di tahun 1757. Denny melanjutkan, regenerasi yang memiliki potensi melanjutkan kepemimpinan partai politik adalah mereka yang dibesarkan di era reformasi.

"Terserah, apakah generasi muda itu berasal dari sipil ataupun militer," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar